Selasa, 26 Februari 2013

Sumbar Tingkatkan Nilai Tambah Produksi Perikanan

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait kembali melaksanakan program peningkatan nilai tambah produksi perikanan Tahun Anggaran 2013.

"Peningkatan nilai tambah ini juga untuk menaikkan daya saing produk perikanan Sumbar, baik produksi ikan darat, budi daya, maupun perikanan tangkap dan laut," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Sabtu (23/2).

Ia menjelaskan produksi perikanan daerah Sumbar dilaksanakan melalui satu program dengan enam kegiatan yang pendanaannya  dialokasikan dengan APBD 2013 senilai Rp1,22 miliar. Program itu dilaksanakan Dinas Kelautan dan Perikanan.

Peningkatan nilai tambah dan daya saing itu antara lain dalam rangka meningkatkan ekspor, baik volume maupun nilai produksi perikanan Sumbar.

Realisasi volume dan nilai ekspor produk perikanan dalam periode I Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumbar 2006-2010 mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun.

Meski volume dan nilainya berfluktuasi, pertumbuhan ekspor perikanan Sumbar meningkat cukup pesat, dengan volume ekspor tumbuh hingga 639,94% dan nilai ekspor tumbuh hingga 887,19%.
Sumber: http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/02/23/6/133221/Sumbar-Tingkatkan-Nilai-Tambah-Produksi-Perikanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar